Tips Agar Mobil Gampang Distarter

Tips Agar Mobil Gampang Distarter

Rental Mobil Jakarta – Terkadang kita dibuat kesal di pagi hari ketika mobil sewa tidak bisa di starter. Ditambah lagi ketika kita tergesa-gesa akan pergi ke kantor. Masalah ini memang kerap terjadi pada sebagian besar pemilik mobil. Biasanya mobil-mobil yang jarang di servis mengalami hal demikian. Alih-alih ingin berangkat pagi, kita justru terlambat dikarenakan mobil yang kita gunakan untuk alat transportasi susah dihidupkan.

Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya? Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Penyebab Mobil Susah Hidup Atau Sulit Di Starter

Umumnya masalah ini terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Namun demikian tak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Tips Agar Mobil Gampang Distarter

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Sewa Mobil

1. Tegangan Baterai/ Aki Kurang

Jika ketika di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai. Untuk mengetahui secara pastinya anda bisa mengukurnya menggunakan volt meter atau multi meter. Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah akan mengalami hal demikian. Jika memang benar masalahnya pada baterai, anda masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.

2. Busi Bermasalah

Apabila busi bermasalah seperti kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu rapat bisa juga menybabkan mesin mobil sulit di starter. Cara mengeceknya tentu anda harus melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor. Untuk mengukur celah busi ini bisa menggunakan feller gauge.

3. Karburator Banjir

Bagi anda yang memiliki mobil sewa dengan karburator biasanya mesin yang susah hidup juga disebabkan oleh karburator yang banjir. Untuk cara mengatasinya anda harus membongkar karburator dan menyetel pelampungnya. Jika kesulitan anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Artikel Terkait:  Tips Melepas Aki Mobil Yang Benar

4. WTS bermasalah

Ini terjadi pada mobil dengan sistem injeksi. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika ini bermasalah maka akan mempengarui sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

5. Pompa Bensin Lemah

Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar sehingga menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, maka solusinya anda harus menggantinya. Namun ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi “on” namun pompa bensin tidak berbunyi berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil susah hidup atau tidak bisa di starter. Masalah yang kerap terjadi adalah busi, karburator serta baterai. Maka periksa dulu ketiga komponen tersebut. Air ratio atau setelan udara dan bahan bakar pada karburator juga berpengaruh. Apabila tiga komponen tersebut selalu dalam keadaan prima..dijamin mobil rental anda akan mudah distarter kapanpun akan anda gunakan.

Artikel Pilihan:

Rental Mobil Kami Tersedia Di Jabodetabek

Rental Mobil Terlengkap Di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.