Keliling Jakarta Tapi ekonomis, BISA!

Keliling Jakarta tapi ekonomis, BISA!

Sewa Mobil Jakarta – Anda ingin liburan dan mengelilingi ibukota Indonesia namun tidak membawa kendaraan pribadi? Angkutan umum ini semoga bisa membantu Anda untuk mengelilingi indahnya Jakarta, dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, gak perlu pusing-pusing lihat peta dan kebingungan saat salah jalan dan mengendara sendiri, gak perlu bingung nyari SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan pribadi/sewaan Anda, gak perlu kelamaan cari parkir tentunya!

Keliling Jakarta tapi ekonomis, BISA! Angkutan-angkutan umum ini dapat membantu Anda

  1. Taksi. 

Pastikan nomor taksi, catat plat mobil taksi tersebut dan catat nama pengemudinya. Jadi setiap taksi di jakarta mempunyai customer care, jika Anda tidak puas bisa langsung protes ke managemen perusahaannya. Tips: Pastikan Anda mengetahui sedikit rute ke tujuan Anda.

  1. Transjakarta. 

Angkutan yang dikenal sebagai busway ini, menawarkan kemudahan dan kenyamanan (AC) bagi pendatang di luar Jakarta yang kurang mengerti akan seluk beluk Jakarta dan juga salah satu transportasi yang dapat menghindari macet karena mempunyai jalurnya sendiri.  Penumpang cukup membayar Rp. 3.500,- saja jika menggunakan transportasi di atas jam 7 pagi. Jika Anda menggunakan transportasi ini dibawah jam 7 pagi, maka Anda hanya membayar Rp. 2.000,- saja.

Transportasi ini beroperasi dari pukul 5.00 di pagi hari sampai dengan pukul 11 di malam hari. Jika ingin berkeliling Jakarta sebaiknya Anda menggunakan transportasi ini, karena selama Anda tidak keluar gerbang halte Busway, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan. Misalnya, Anda membuat janji temu dengan teman lama Anda di salah satu halte busway di tengah perjalanan Anda (jangan keluar dari halte), Anda turun dan menunggu di dalam halte, setelah teman Anda datang, Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda sampai ke tujuan tanpa perlu membayar biaya tambahan lagi.

  1. Bus umum.

Untuk transportasi yang satu ini Anda harus hafal/ bertanya pada orang sekitar yang mengetahui rute dan nomor bis yang harus Anda tumpangi. Jika Anda berada di Jakarta Selatan ada Halte Blok M, Jakarta Timur ada halte Pulogadung, di Jakarta Barat ada Halte Kalideres. Anda bisa menemukan Bis kota maupun bis antar kota di halte ini. Misalnya Anda ingin mengunjungi saudara di Bekasi, bisa naik bus dari halte-halte ini. 

Biaya naik bus adalah Rp. 2.000,-. Tips: Jangan duduk terlalu belakang, dan hindari bus yang terlalu penuh/sepi untuk menghindari kejahatan. Jika jalur bus dirasa mencurigakan, cepat-cepatlah turun. Untuk orang yang awam dengan kota ini, tidak disarankan untuk naik bus umum, karena tidak seperti busway yang sudah punya jalur dan rute yang pasti, bus umum bisa merubah rutenya sewaktu-waktu sesuai kondisi.

  1. Mikrolet.

Untuk transportasi yang satu ini Anda harus hafal/ bertanya pada orang sekitar yang mengetahui rute dan nomor mikrolet yang harus Anda tumpangi. Biaya untuk menumpangi angkutan umum ini berkisar Rp. 2.000 – 4.000,- tergantung jauh atau dekatnya tujuan Anda. Misalnya Anda mau belanja di mangga dua, bisa naik busway ke arah Kota.

Keliling Jakarta tapi ekonomis, BISA!

Setelah turun di halte kota, Anda cukup naik mikrolet ke Arah mangga dua dengan biaya Rp. 2.000,- saja karena jaraknya kurang lebih hanya 5-10 menit tergantung kepadatan lalu lintasnya. Tips: Jangan menumpangi mikrolet yang terlalu sepi/ramai untuk menghindari kejahatan. Untuk wanita, lebih baik turun ketika sudah tidak ada penumpang lain. Pastikan Anda menguasai betul detail kota Jakarta, sehingga sewaktu-waktu mikrolet ini keluar jalur Anda bisa langsung lompat keluar.

     5.Bajai.

Transportasi ini hanya cukup untuk 2 orang penumpang saja. Biaya naik bajai ini dimulai dari Rp. 5.000,- tergantung jauh dekatnya tujuan Anda. Namun naik bajai kadang kala lebih mahal lho dari naik taksi, makanya banyak dari penumpang yang menawar terlebih dahulu sebelum naik. Tips: Karena angkutan ini terbuka di salah satu sisi pintu penumpang, maka disarankan untuk tidak membawa barang2 berharga di pangkuan/ di tangan Anda untuk menghindari kejahatan.

  1. Kereta KRL.

Kereta ini menghubungkan beberapa kota terdekat di Jakarta seperti Bogor dan Bandung. Seringkali orang dari daerah ini bekerja di jakarta dengan menggunakan alat transportasi ini. Kereta ini tidak setiap menit ada seperti angkutan umum yang lain, namun mempunyai jadwal-jadwal sendiri.

Penasaran kan ingin menyusuri Ibukota negara kita ini. Pastikan Anda tidak melewatkan setiap detik di kota ini ya!  Happy holiday!!
Artikel Pilihan:

One thought on “Keliling Jakarta Tapi ekonomis, BISA!

  1. Pingback: Liburan Ke Ibukota Sambil Belajar Sejarah - Azkarentcar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *