Mengenal Dodol Belimbing Kuliner Depok yang Legendaris

Mengenal Dodol Belimbing Kuliner Depok yang Legendaris

Depok dikenal sebagai Kota Belimbing, maka tak heran jika Belimbing menjadi ikon Kota Depok sejak 2007. Melimpahnya hasil pertanian Belimbing, dimanfaatkan warga Depok untuk mengolahnya menjadi kuliner Depok yaitu dodol Belimbing.

Sebagai salah satu kuliner Depok, dodol Belimbing memiliki citarasa yang manis, kenyal, dan empuk. Belimbing yang digunakan juga bukan jenis Belimbing pada umumnya, melainkan Belimbing Dewa.

Lalu seperti apa sejarah dan cara membuat dodol Belimbing, simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Sejarah Dodol Belimbing

adinda paramita 178924510a030c0 ecb3 4636 91c9 f7557a0f892912241224 1584512775

Dodol Belimbing berawal dari hasil pertanian Belimbing yang melimpah sejak zaman Belanda pada tahun 1960 an. Sebagai kuliner dengan citarasa manis dan lembut, Dodol belimbing kerap disajikan saat acara atau pertemuan pejabat Belanda dan para pekerjanya.

Namun, kuliner yang satu ini sempat hilang dan tidak ditemukan pada 1970 an. Hingga pada 1980 Johannes Soedira dan keluarganya yang merupakan warga asli Depok, menghadirkan kembali Dodol Belimbing. 

Sampai saat ini, Dodol Belimbing bisa Anda temukan dengan mudah di Kota Depok, dan menjadi salah satu kuliner Depok yang populer.

Cara Membuat Dodol Belimbing

Cara membuat Dodol Belimbing hampir sama dengan pembuatan dodol pada umumnya. Dengan bahan utama berupa Belimbing Dewa, kemudian dicampur dengan tepung beras, gula pasir, dan santan kelapa. 

Campuran adonan tersebut dimasak hingga mendidih, lalu diaduk terus menerus hingga kalis. Proses pengadukan adonan ini biasanya memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Pemilihan bahan utama Belimbing Dewa dikarenakan Belimbing jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar, serta rasa yang lebih segar. Belimbing Dewa juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A dan C yang cukup tinggi. 

Vitamin A dan C dipercaya mampu mencegah sariawan, darah tinggi, hingga kolesterol. Sehingga bisa dikatakan dodol Belimbing merupakan kuliner sehat yang wajib Anda coba.

Baca Juga: Bebek Take Away : Nasi Bebek Nendang di Lidah

Rasanya yang manis, dan sedikit asam membuat makanan ini begitu disukai oleh masyarakat baik dari warga lokal hingga wisatawan asing.  Tertarik untuk mencoba kuliner Depok yang satu ini?

Tunggu apalagi segera agendakan waktu Anda untuk mengunjungi Kota Depok bersama Azkarentcar. Segera hubungi customer service kami di 0812 8651 5069 informasi lengkap kunjungi web kami di https://azkarentcar.com/ 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *